Animasi 2D - Prinsip Animasi (Staging, Straight Ahead and Pose To Pose, dan Follow Through and Overlapping Action)


Halo semua, kali ini saya akan membagikan animasi hasil praktikum Animasi 2D tentang prinsip Staging, Straight Ahead and Pose To Pose, dan Follow Through and Overlapping Action. Wah susah banget ya namanya? Yuk disimak :)



Pertama, contoh animasi prinsip Staging. Animasi ini menunjukkan seseorang yang bermain pesawat mainan yang kemudian mengenai temannya sehingga ia marah. Adanya sebab dan akibat ini disertai dengan empati merujuk pada prinsip Staging ini.



Ini adalah contoh prinsip Straight Ahead and Pose To Pose. Pada animasi ini, Straight Ahead ditunjukkan saat sesesorang berjalan, sedangkan Pose To Pose ditunjukkan saat memanjat pohon.


Ini adalah contoh prinsip Follow Through and Overlapping Action, dimana Follow Through di animasi ini ditunjukkan dengan gelas yang semula dipegang kemudian diletakkan, sehingga pergerakan gelas membuat air di dalamnya mengikuti pergerakan dan bergerak seiring gelombang yang terjadi hingga berhenti. Hal ini tidak ada faktor kesengajaan pada air, maksud saya adalah tidak ada unsur tangan manusia yang membantu air bergerak, namun air tersebut bergelombang dengan sendirinya akibat benda lain, yakni gelas. Pada sisi Overlapping Action ditunjukkan dengan air yang bergerak terus menerus dan berhenti dengan sendirinya apabila gelas tidak digerakkan kembali.

Prinsip-prinsip di atas ini memiliki keterkaitan dengan proses fisika dimana ada hubungannya dengan alam atau suatu kejadian tanpa campur tangan manusia, walau hanya membantu, namun tidak langsung dalam prosesnya.

Komentar